Jumat, 24 Agustus 2012

Belajar Matematika – Tips dan Trik Belajar Matematika

Belajar Matematika Secara Praktis, Bisakah ?



Bagaimana cara praktis belajar matematika? Itulah pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran kita ketika akan belajar matematika. Ya, itu merupakan sesuatu yang lazim. Setiap orang selalu mencari cara yang termudah, terpraktis dalam melakukan segala sesuatu. Termasuk bagaimana cara termudah memahami matematika

Pada dasarnya belajar matematika tidak jauh berbeda dengan belajar mata pelajaran yang lain seperti : Fisika, Akuntansi dan Kimia. Pada awalnya memang terasa sulit karena kita harus memahami sesuatu yang sama sekali baru dalam pikiran kita, namun dengan mempelajarinya setahap demi setahap secara konsisten dan sistematis maka kita akan semakin familiar dengan ilmu baru tersebut.

Dalam ilmu matematika terdapat konsep dasar yang harus diketahui oleh setiap orang yang ingin menguasai ilmu matematika. Semakin menguasai konsep dasar matematika maka akan semakin memudahkan kita dalam memahami pelajaran matematika pada tahap selanjutnya. Salah satu contoh konsep dasar dalam matematika adalah KABATAKU (kali – bagi – tambah – kurang).

Seseorang tidak akan mungkin menguasai matematika tingkat lanjut jika tidak menguasai konsep dasar diatas. Kabataku merupakan pelajaran matematika dasar dalam Sekolah Dasar (SD)

Lalu, bagaimana cara kita belajar matematika secara mudah dan praktis ? Di bawah ini saya mencoba untuk membagi beberapa tips supaya kita lebih mudah dalam memahami pelajaran matematika.


TIPS & TRIK CARA PRAKTIS BELAJAR MATEMATIKA

Jadwalkan secara rutin waktu untuk belajar matematika

Untuk memudahkan belajar dan memahami matematika termasuk matematika paling dasar sekalipun, maka anda harus menjadwalkan belajar matematika secara rutin. Anda bisa menjadwalkannya 3 sampai 4 kali dalam 1 pekan dengan durasi 1 sampai 2 jam.

Proses belajar yang anda lakukan bisa berupa pengulangan terhadap pelajaran yang sudah pernah anda pelajari, memantapkan konsep-konsep dasar matematika seperti prinsip-prinsip perkalian, penjumlahan, pembagian serta pengurangan, latihan atau membaca materi-materi baru sebelum guru atau dosen menyampaikannya didepan kelas.

Cara diatas sangat membantu anda untuk mempelajari matematika dengan cara yang mudah. Anggapan bahwa matematika itu sulit, secara berlahan-lahan akan bisa anda tepis.

Menguasai kosakata matematika

Sama seperti bahasa inggris, matematika juga memiliki kosa kata khusus yang sama sekali berbeda dengan kosa kata yang kita pakai setiap harinya. Ada simbol-simbol yang harus anda hafal lafaz dan maksudnya. Untuk melakukan ini anda bisa melihat kamus matematika di Sekolah anda. Atau meminjam buku matematika dengan teman-teman anda.

Penguasaan atas kosa kata matematika ini akan sangat membantu anda dalam mepermudah memahami pelajaran matematika. Baik matematika dasar seperti matematika SD, maupau matematika lanjutan seperti matematika SMP dan matematika SMA.

Memiliki beberapa referensi sekaligus.

Alasannya sangat sederhana, memperluas sudut pandang anda dalam melihat sebuah materi pelajaran. Terkadang antara penerbit yang satu dan penerbit yang lainnya memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan soal yang sama. Atau antara penulis yang satu dengan penulis yang lain memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap satu konsep matematika yang sama.

Nah, dengan memiliki referensi yang bervariasi, maka akan semakin memudahkan anda dalam memahami dan meyelesaikan soal-soal matematika. Anda akan terlatih melihat sebuah masalah dalam matematika dari sudut pandang yang berbeda.

Anda bisa mengoleksi buku matematika yang diterbitkan oleh penerbit terkenal seperti Erlangga, Bumi Aksara ataupun Yudistira.

Sistematis dan Tuntas

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang materi-materinya saling berkaitan. Anda harus memulai nya dari matematika dasar setelah itu baru matematika lanjutan. Anda tidak bisa langsung melompat ke pelajaran matematika lanjujtan jika pelajaran matematika dasarnya belum tuntas. Ini penting untuk anda perhatikan.

Selain itu, proses belajar yang anda lakukan haruslah tuntas untuk setiap materi. Karena jika anda tidak menguasai satu materi kemudian berpindah ke materi yang lain, maka anda akan sangat sulit memahami pelajaran atau materi berikutnya, karena pejaran tersebut merupakan prasyarat untuk memahami pelajaran berikutnya.

Kerjakan latihan soal dari yang paling mudah hingga ke yang paling sulit

Begitu juga dalam mengerjakan soal-soal latiha matematika. Anda harus memulai dari yang mudah hinga ke paling susah.

Suatu ungkapan yang cukup menarik “Keberhasilan masa lalu akan membuat kita termotivasi untuk menyongsong keberhasilan berikutnya”.

Artinya, jika anda berhasil menyelesaikan soal-soal yang mudah, maka anda akan termotivasi untuk menyelesaikan soal-soal matematika yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Berlatih dengan berbagai macam masalah

Cara lain yang juga bisa anda lakukan adalah dengan mengerjakan berbagai macam model soal matematika. Semakin banyak soal atau materi yang anda bahas, maka semakin banyak sudut pandang anda terhadap pelajaran tersebut. Pada bagian ini intinya adalah “banyak berlatih”.

Selalu bertanya.

Jika anda mengalami kesulitan dalam memahami ilmu matematika, maka anda harus bertanya kepada orang-orang yang lebih menguasai tentang materi tersebut. Anda bisa bertanya kepada teman, guru atau dosen. Ini kelihatan sepele, tetapi sangat penting. Adakalanya kita terkendela dalam memahami materi-materi tertentu, tapi dengan bertanya maka akan memberikan kemudahan kepada kita untuk memahaminya.
“belajar matematika Itu tidak sulit, tapi akan menjadi sulit jika kita tidak memiliki strategi dalam mepelajarinya”

Demikianlah beberapa tip dan trik yang bisa anda lakukan dalam belajar matematika. Melaksanakan beberapa hal diatas akan memberikan kemudahan anda dalam belajar dan memahami matematika.

Tetap bersemangat untuk belajar matematika!!

Sumber : http://belajarmatematika.net/tips-dan-trik-belajar-matematika-cara-praktis.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar