Contoh Soal Peluang


1. Ketika sebuah dadu dilemparkan ke udara  maka carilah peluang munculnya dadu dengan angka genap, dan juga dadu berangka 7 ?

Jawab:
Ruang sampel = 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
Berarti n(s) = 6
Mata dadu genap = (2, 4, dan 6)
N(s) = 3
Jadi, p(k) = 3/6 = ½ .
Untuk dadu berangka 7 mustahil muncul karena peluang dadu angka 7 tersebut mustahil terjadi dikarenakan dadu hanya memiliki 6 buah sisi.


2. Di dalam sebuah kantong plastik terdapat 6 buah kelereng yang terdiri dari 1 buah kelereng yang berwarna biru, 2 buah kelereng berwarna hijau, dan juga 3 buah kelereng dengan warna hitam.
Jika kelereng tersebut diambil 3 kelereng dengan cara di acak namun kelereng tersebut harus di kembalikan lagi ke dalam kantong plastik. Maka seberapa besar peluang terambilnya kelereng secara berturut-turut berwarna biru, hijau, dan juga hitam ?

Jawab:
Karena kelereng yang telah di ambil harus di kembalikan lagi ke dalam kantong plastik maka kita bisa dengan mudah mengetahuinya karena nilai untuk setiap pengambilan kelereng tersebut masih tetap sama, yaitu : 1 + 2 + 3 yang berjumlah enam buah kelereng, sehingga besarnya peluang terambilnya kelereng dengan urutan warna biru, hijau, dan juga hitam adalah dengan perkalian dari tiga peluang terambilnya kelereng dengan setiap pengambilan, maka :
Peluang Suatu Kejadian
P = 6/6
Jadi, hasil peluang kejadian pengambilan kelereng tersebut adalah 6/6
Newest
Oldest